Seksi Bidang terdiri dari 10 Bagian yang masing-masing membawahi satu bidang dengan dibina oleh seorang Pembina .
Seksi Bidang atau Sekbid berada dibawah Pengurus Inti dan berguna untuk membantu menjalankan program kerja OSIS .
Berikut adalah daftar sekbid beserta kewajiban dan tugasnya .
1.
|
Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa |
|
- Melaksankan peribadatan sesuai dengan ketentuang agama masing-masing.
- Memperingati hari-hari besar keagamaan.
- Melkukan perbuatan alamiah sesuai dengan norma agama.
- Membina toleransi kehidupan antarumat beragama.
- Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan
- Mengembangkan dan memperdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
|
2.
|
Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia |
|
- Melaksanakan tata terib dan kultur sekolah.
- Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial).
- Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan.
- Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama.
- Menumbuhkemnbagkan sikap hormat dan menghargai warga sekloah.
- Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan.
|
3.
|
Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara |
|
- Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan/ sabtu, serta hari-hari besar nasional.
- Menyanikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
- Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
- Mengunjungi dan mempelajarai tempat-tampat bernilai sejarah.
- Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan.
- Melaksanakan kegiatan bela Negara.
- Menjaga dan menghormati symbol-simbol dan lambing-lambang Negara.
- Melakukan pertukaran siswa anta daerah dan Negara
|
4.
|
Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, Olahraga sesuai Bakat & Minat. |
|
- Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian.
- Mengadakan kegiatan ilmiah.
- Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iftek.
- Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar.
- Mendesain dan memproduksi media pembelajaran.
- Mengadakan pameran yang berkarya inovatif dan hasil penelitian.
- Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah.
- Membentuk kelompok sains, seni, dan olahraga.
- Menyelenggarakan festival dan lomba seni.
- Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
|
5.
|
Pembinaan Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan & Tolerans Sosial dalam Konteks Masyarakat Prular |
|
- Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing.
- Melaksanakana latihan kepemimpinan siswa.
- melaksanakan kegiatan dengan prisip kejujuran, transparan, dan profesional.
- Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan kelompk belajar, diskusi, debat, dan pidato.
- Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasa.
- Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
|
6.
|
Pembinaan Kretivitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan |
|
- Meningkatkan kertivitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna.
- Menciptakan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa.
- Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi.
- Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengamanan kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industrial Prakerin.
- Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
|
7.
|
Pembinaan Kulitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Berbasis Gizi yang Terdiversifikasi |
|
- Melaksankan prilaku hidup bersih dan sehat.
- Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS).
- Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS.
- Mengingktkan kesehatan produksi remaja.
- Melaksanakan hidup aktif.
- Melaksanakan pengamanan jajan anak
|
8.
|
Pembinaan Sastra dan Budaya |
|
- Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa dalam bidang sastra.
- Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya.
- Meningkatkan karya cipta sasatra.
|
9.
|
Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
|
- Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
- Menjadikan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai wahana kreativitas dan inovasi.
- Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
|
10.
|
Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Inggris |
|
- Melaksanakan lomba debat dan pidato.
- Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi .
- Melaksanakan English Day.elaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling).
- Melaksanakan lomba puzzles words/scrabble.
|